Selasa, 15 Februari 2011

MENCARI KETWORD MAHAL DENGAN SYMBIOTIC

Tutorial kali ini adalah bagaimana mencari atau menentukan keyword mahal (High Paying Keyword) untuk situs/blog adsense Anda dengan menggunakan symbiotic dot com.

Pertama-tama, buka http://www.symbiotic.com/




























Cara kerjanya cukup mudah. Anda tinggal ketikkan keyword yang anda incar dan langsung klik "Submit". Contoh, di bawah ini saya mencoba mencari data tentang keyword "ondel-ondel".
























Kali-kali aja banyak yang nyari "ondel-ondel" dan harga per-kliknya mahal. Kan bisa jadi satu-satunya situs yang membahas ondel-ondel. Hahahahaha... :-)

Tapi ternyata tidak ada sama sekali orang yang nyari "ondel-ondel". Dan tidak ada harganya pula.... :-(
























Kalo gitu mari kita coba keyword lain. Contohnya "car rent" atau penyewaan/peminjaman mobil.
























Wets...ternyata hasilnya cukup baik. Keyword "car rent" bisa dijadikan alternatif untuk mendulang dollar lewat adsense.
























Nah, dari informasi yang ditampilkan Symbiotic terhadap keyword "car rent", kita bisa melihat rata-rata CPC (Cost Per Click), rata-rata Clicks Per Day (jumlah klik perhari untuk keyword "car rent") dan Cost Per Day (rata-rata dollar perhari yang beredar seputar keyword "car rent").

Ingat bahwa kalo Anda bikin blog/situs dengan keyword yang menurut Symbiotic "mahal" misalnya rata-rata US$ 5 per-klik, maka tidak serta-merta setiap kali orang meng-klik iklan adsense Anda maka anda langsung dapat US$ 5. Masih ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi, seperti tingkat popularitas situs Anda, PageRank, traffic dan lain-lain. Makanya tetap penting untuk menjaga situs Anda selalu up-to-date dengan content-content original yang berkualitas.

Selamat berburu keyword!Tutorial kali ini adalah bagaimana mencari atau menentukan keyword mahal (High Paying Keyword) untuk situs/blog adsense Anda dengan menggunakan symbiotic dot com.

Pertama-tama, buka http://www.symbiotic.com/



























Cara kerjanya cukup mudah. Anda tinggal ketikkan keyword yang anda incar dan langsung klik "Submit". Contoh, di bawah ini saya mencoba mencari data tentang keyword "ondel-ondel".
























Kali-kali aja banyak yang nyari "ondel-ondel" dan harga per-kliknya mahal. Kan bisa jadi satu-satunya situs yang membahas ondel-ondel. Hahahahaha... :-)

Tapi ternyata tidak ada sama sekali orang yang nyari "ondel-ondel". Dan tidak ada harganya pula.... :-(
























Kalo gitu mari kita coba keyword lain. Contohnya "car rent" atau penyewaan/peminjaman mobil.
























Wets...ternyata hasilnya cukup baik. Keyword "car rent" bisa dijadikan alternatif untuk mendulang dollar lewat adsense.
























Nah, dari informasi yang ditampilkan Symbiotic terhadap keyword "car rent", kita bisa melihat rata-rata CPC (Cost Per Click), rata-rata Clicks Per Day (jumlah klik perhari untuk keyword "car rent") dan Cost Per Day (rata-rata dollar perhari yang beredar seputar keyword "car rent").

Ingat bahwa kalo Anda bikin blog/situs dengan keyword yang menurut Symbiotic "mahal" misalnya rata-rata US$ 5 per-klik, maka tidak serta-merta setiap kali orang meng-klik iklan adsense Anda maka anda langsung dapat US$ 5. Masih ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi, seperti tingkat popularitas situs Anda, PageRank, traffic dan lain-lain. Makanya tetap penting untuk menjaga situs Anda selalu up-to-date dengan content-content original yang berkualitas.

Selamat berburu keyword!V

guyyyyyyyyyssssssss yang pengin suksesss baca dunnnndddddd gak bakal rugi..

MENCARI KEYBORD "MAHAL" UNTUK ADSENSE ANDA
Pertama-tama, buka https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal























Nah, tinggal ketik keyword yang kamu incar, misalnya kamu hobi foto dan pengen nge-blog tentang hobi kamu itu. Ketik "photography", jangan ketik "poto-poto" karena untuk ikutan adsense kamu harus bikin blog dalam bahasa inggris, bukan bahasa sunda. Kira-kira kayak gini :
Kalo sudah, klik "Get keyword ideas". Tidak lama kemudian akan muncul semua variabel yang berhubungan dengan keyword yang kamu ketik tadi.






















Keterangan untuk masing-masing kolom adalah :

  • Advertiser Competition: Seberapa ketat persaingan kamu dengan situs lain untuk keyword yang ada di sebelah kiri. Semakin "hijau" semakin ketat persaingannya. Saran saya, kamu cari yang tidak terlalu ketat tapi tetap "mahal". 
  • Local Search Volume: Jumlah "search" atau pencarian pada bulan tertentu. Pada gambar di atas tertulis "December" berarti jumlah pencarian keyword tersebut pada bulan Desember. Kamu harus mencari keyword yang cukup banyak dicari orang.
  • Global Monthly Search Volume: Rata-rata pencarian setiap bulannya.

Nah, sekarang saatnya kita menentukan dari sekian banyak keyword yang berhubungan dengan "photography", yang mana yang rasional. Rasional gimana maksudnya? Ya...tergantung kamu. Tapi saran saya, kita cari keyword yang persaingannya tidak terlalu ketat, banyak dicari orang dan juga mahal. Caranya kamu klik dropdown "Choose columns to display" trus cari menu "Show Estimated Avg. CPC























Apaan tuh Avg. CPC? Avg. CPC atau Average CPC adalah rata-rata Cost per Click yaitu rata-rata harga per-klik dari keyword yang bersangkutan. Nah, akan tampil kolom baru yaitu kolom Estimated Avg. CPC seperti ini :
Angka-angka yang tertulis di bawah kolom Estimated Avg. CPC adalah "harga" per-klik dari keyword yang bersangkutan dalam rupiah. Nah, tugas kamu sekarang mencari keyword yang harga per-kliknya cukup mahal, persaingannya tidak terlalu ketat dan yang nyari banyak. Untuk mengurutkan harga dari yang terendah ke tertinggi atau sebaliknya, kamu tinggal klik tulisan (link) Estimated Avg. CPC itu.






















Gambar diatas adalah contoh setelah diurutkan dari yang paling mahal ke paling murah. Seperti contoh di atas, keyword "photography education" adalah keyword yang paling mahal dengan rata-rata harga per-kliknya sebesar 53.163 rupiah atau sekitar 5 dollar sekali klik. Lumayan tuh...:-). Tapi sayangnya persaingannya cukup ketat dan yang nyari relatif sedikit (dilihat dari Global Monthly Search Volume). Berarti walaupun mahal, tapi kurang rasional untuk kita "tembak"

Sekarang tugas kamu tinggal mencari keyword-mu sendiri. Ingat untuk selalu mencari yang rasional. Selamat berburu keyword "mahal"!

Semoga sukses!Pertama-tama, buka https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal






















Nah, tinggal ketik keyword yang kamu incar, misalnya kamu hobi foto dan pengen nge-blog tentang hobi kamu itu. Ketik "photography", jangan ketik "poto-poto" karena untuk ikutan adsense kamu harus bikin blog dalam bahasa inggris, bukan bahasa sunda. Kira-kira kayak gini :
Kalo sudah, klik "Get keyword ideas". Tidak lama kemudian akan muncul semua variabel yang berhubungan dengan keyword yang kamu ketik tadi.






















Keterangan untuk masing-masing kolom adalah :

  • Advertiser Competition: Seberapa ketat persaingan kamu dengan situs lain untuk keyword yang ada di sebelah kiri. Semakin "hijau" semakin ketat persaingannya. Saran saya, kamu cari yang tidak terlalu ketat tapi tetap "mahal". 
  • Local Search Volume: Jumlah "search" atau pencarian pada bulan tertentu. Pada gambar di atas tertulis "December" berarti jumlah pencarian keyword tersebut pada bulan Desember. Kamu harus mencari keyword yang cukup banyak dicari orang.
  • Global Monthly Search Volume: Rata-rata pencarian setiap bulannya.

Nah, sekarang saatnya kita menentukan dari sekian banyak keyword yang berhubungan dengan "photography", yang mana yang rasional. Rasional gimana maksudnya? Ya...tergantung kamu. Tapi saran saya, kita cari keyword yang persaingannya tidak terlalu ketat, banyak dicari orang dan juga mahal. Caranya kamu klik dropdown "Choose columns to display" trus cari menu "Show Estimated Avg. CPC























Apaan tuh Avg. CPC? Avg. CPC atau Average CPC adalah rata-rata Cost per Click yaitu rata-rata harga per-klik dari keyword yang bersangkutan. Nah, akan tampil kolom baru yaitu kolom Estimated Avg. CPC seperti ini :
Angka-angka yang tertulis di bawah kolom Estimated Avg. CPC adalah "harga" per-klik dari keyword yang bersangkutan dalam rupiah. Nah, tugas kamu sekarang mencari keyword yang harga per-kliknya cukup mahal, persaingannya tidak terlalu ketat dan yang nyari banyak. Untuk mengurutkan harga dari yang terendah ke tertinggi atau sebaliknya, kamu tinggal klik tulisan (link) Estimated Avg. CPC itu.






















Gambar diatas adalah contoh setelah diurutkan dari yang paling mahal ke paling murah. Seperti contoh di atas, keyword "photography education" adalah keyword yang paling mahal dengan rata-rata harga per-kliknya sebesar 53.163 rupiah atau sekitar 5 dollar sekali klik. Lumayan tuh...:-). Tapi sayangnya persaingannya cukup ketat dan yang nyari relatif sedikit (dilihat dari Global Monthly Search Volume). Berarti walaupun mahal, tapi kurang rasional untuk kita "tembak"

Sekarang tugas kamu tinggal mencari keyword-mu sendiri. Ingat untuk selalu mencari yang rasional. Selamat berburu keyword "mahal"!

Semoga sukses!Pertama-tama, buka https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal






















Nah, tinggal ketik keyword yang kamu incar, misalnya kamu hobi foto dan pengen nge-blog tentang hobi kamu itu. Ketik "photography", jangan ketik "poto-poto" karena untuk ikutan adsense kamu harus bikin blog dalam bahasa inggris, bukan bahasa sunda. Kira-kira kayak gini :
Kalo sudah, klik "Get keyword ideas". Tidak lama kemudian akan muncul semua variabel yang berhubungan dengan keyword yang kamu ketik tadi.






















Keterangan untuk masing-masing kolom adalah :

  • Advertiser Competition: Seberapa ketat persaingan kamu dengan situs lain untuk keyword yang ada di sebelah kiri. Semakin "hijau" semakin ketat persaingannya. Saran saya, kamu cari yang tidak terlalu ketat tapi tetap "mahal". 
  • Local Search Volume: Jumlah "search" atau pencarian pada bulan tertentu. Pada gambar di atas tertulis "December" berarti jumlah pencarian keyword tersebut pada bulan Desember. Kamu harus mencari keyword yang cukup banyak dicari orang.
  • Global Monthly Search Volume: Rata-rata pencarian setiap bulannya.

Nah, sekarang saatnya kita menentukan dari sekian banyak keyword yang berhubungan dengan "photography", yang mana yang rasional. Rasional gimana maksudnya? Ya...tergantung kamu. Tapi saran saya, kita cari keyword yang persaingannya tidak terlalu ketat, banyak dicari orang dan juga mahal. Caranya kamu klik dropdown "Choose columns to display" trus cari menu "Show Estimated Avg. CPC























Apaan tuh Avg. CPC? Avg. CPC atau Average CPC adalah rata-rata Cost per Click yaitu rata-rata harga per-klik dari keyword yang bersangkutan. Nah, akan tampil kolom baru yaitu kolom Estimated Avg. CPC seperti ini :
Angka-angka yang tertulis di bawah kolom Estimated Avg. CPC adalah "harga" per-klik dari keyword yang bersangkutan dalam rupiah. Nah, tugas kamu sekarang mencari keyword yang harga per-kliknya cukup mahal, persaingannya tidak terlalu ketat dan yang nyari banyak. Untuk mengurutkan harga dari yang terendah ke tertinggi atau sebaliknya, kamu tinggal klik tulisan (link) Estimated Avg. CPC itu.






















Gambar diatas adalah contoh setelah diurutkan dari yang paling mahal ke paling murah. Seperti contoh di atas, keyword "photography education" adalah keyword yang paling mahal dengan rata-rata harga per-kliknya sebesar 53.163 rupiah atau sekitar 5 dollar sekali klik. Lumayan tuh...:-). Tapi sayangnya persaingannya cukup ketat dan yang nyari relatif sedikit (dilihat dari Global Monthly Search Volume). Berarti walaupun mahal, tapi kurang rasional untuk kita "tembak"

Sekarang tugas kamu tinggal mencari keyword-mu sendiri. Ingat untuk selalu mencari yang rasional. Selamat berburu keyword "mahal"!

Semoga sukses!Pertama-tama, buka https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal






















Nah, tinggal ketik keyword yang kamu incar, misalnya kamu hobi foto dan pengen nge-blog tentang hobi kamu itu. Ketik "photography", jangan ketik "poto-poto" karena untuk ikutan adsense kamu harus bikin blog dalam bahasa inggris, bukan bahasa sunda. Kira-kira kayak gini :
Kalo sudah, klik "Get keyword ideas". Tidak lama kemudian akan muncul semua variabel yang berhubungan dengan keyword yang kamu ketik tadi.






















Keterangan untuk masing-masing kolom adalah :

  • Advertiser Competition: Seberapa ketat persaingan kamu dengan situs lain untuk keyword yang ada di sebelah kiri. Semakin "hijau" semakin ketat persaingannya. Saran saya, kamu cari yang tidak terlalu ketat tapi tetap "mahal". 
  • Local Search Volume: Jumlah "search" atau pencarian pada bulan tertentu. Pada gambar di atas tertulis "December" berarti jumlah pencarian keyword tersebut pada bulan Desember. Kamu harus mencari keyword yang cukup banyak dicari orang.
  • Global Monthly Search Volume: Rata-rata pencarian setiap bulannya.

Nah, sekarang saatnya kita menentukan dari sekian banyak keyword yang berhubungan dengan "photography", yang mana yang rasional. Rasional gimana maksudnya? Ya...tergantung kamu. Tapi saran saya, kita cari keyword yang persaingannya tidak terlalu ketat, banyak dicari orang dan juga mahal. Caranya kamu klik dropdown "Choose columns to display" trus cari menu "Show Estimated Avg. CPC























Apaan tuh Avg. CPC? Avg. CPC atau Average CPC adalah rata-rata Cost per Click yaitu rata-rata harga per-klik dari keyword yang bersangkutan. Nah, akan tampil kolom baru yaitu kolom Estimated Avg. CPC seperti ini :
Angka-angka yang tertulis di bawah kolom Estimated Avg. CPC adalah "harga" per-klik dari keyword yang bersangkutan dalam rupiah. Nah, tugas kamu sekarang mencari keyword yang harga per-kliknya cukup mahal, persaingannya tidak terlalu ketat dan yang nyari banyak. Untuk mengurutkan harga dari yang terendah ke tertinggi atau sebaliknya, kamu tinggal klik tulisan (link) Estimated Avg. CPC itu.






















Gambar diatas adalah contoh setelah diurutkan dari yang paling mahal ke paling murah. Seperti contoh di atas, keyword "photography education" adalah keyword yang paling mahal dengan rata-rata harga per-kliknya sebesar 53.163 rupiah atau sekitar 5 dollar sekali klik. Lumayan tuh...:-). Tapi sayangnya persaingannya cukup ketat dan yang nyari relatif sedikit (dilihat dari Global Monthly Search Volume). Berarti walaupun mahal, tapi kurang rasional untuk kita "tembak"

Sekarang tugas kamu tinggal mencari keyword-mu sendiri. Ingat untuk selalu mencari yang rasional. Selamat berburu keyword "mahal"!

Semoga sukses!

guyyyyyyyyyssssssss yang pengin suksesss baca dunnnndddddd gak bakal rugi..

Pertama-tama, buka https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal
























Nah, tinggal ketik keyword yang kamu incar, misalnya kamu hobi foto dan pengen nge-blog tentang hobi kamu itu. Ketik "photography", jangan ketik "poto-poto" karena untuk ikutan adsense kamu harus bikin blog dalam bahasa inggris, bukan bahasa sunda. Kira-kira kayak gini :
Kalo sudah, klik "Get keyword ideas". Tidak lama kemudian akan muncul semua variabel yang berhubungan dengan keyword yang kamu ketik tadi.























Keterangan untuk masing-masing kolom adalah :

  • Advertiser Competition: Seberapa ketat persaingan kamu dengan situs lain untuk keyword yang ada di sebelah kiri. Semakin "hijau" semakin ketat persaingannya. Saran saya, kamu cari yang tidak terlalu ketat tapi tetap "mahal". 
  • Local Search Volume: Jumlah "search" atau pencarian pada bulan tertentu. Pada gambar di atas tertulis "December" berarti jumlah pencarian keyword tersebut pada bulan Desember. Kamu harus mencari keyword yang cukup banyak dicari orang.
  • Global Monthly Search Volume: Rata-rata pencarian setiap bulannya.

Nah, sekarang saatnya kita menentukan dari sekian banyak keyword yang berhubungan dengan "photography", yang mana yang rasional. Rasional gimana maksudnya? Ya...tergantung kamu. Tapi saran saya, kita cari keyword yang persaingannya tidak terlalu ketat, banyak dicari orang dan juga mahal. Caranya kamu klik dropdown "Choose columns to display" trus cari menu "Show Estimated Avg. CPC
























Apaan tuh Avg. CPC? Avg. CPC atau Average CPC adalah rata-rata Cost per Click yaitu rata-rata harga per-klik dari keyword yang bersangkutan. Nah, akan tampil kolom baru yaitu kolom Estimated Avg. CPC seperti ini :
Angka-angka yang tertulis di bawah kolom Estimated Avg. CPC adalah "harga" per-klik dari keyword yang bersangkutan dalam rupiah. Nah, tugas kamu sekarang mencari keyword yang harga per-kliknya cukup mahal, persaingannya tidak terlalu ketat dan yang nyari banyak. Untuk mengurutkan harga dari yang terendah ke tertinggi atau sebaliknya, kamu tinggal klik tulisan (link) Estimated Avg. CPC itu.























Gambar diatas adalah contoh setelah diurutkan dari yang paling mahal ke paling murah. Seperti contoh di atas, keyword "photography education" adalah keyword yang paling mahal dengan rata-rata harga per-kliknya sebesar 53.163 rupiah atau sekitar 5 dollar sekali klik. Lumayan tuh...:-). Tapi sayangnya persaingannya cukup ketat dan yang nyari relatif sedikit (dilihat dari Global Monthly Search Volume). Berarti walaupun mahal, tapi kurang rasional untuk kita "tembak"

Sekarang tugas kamu tinggal mencari keyword-mu sendiri. Ingat untuk selalu mencari yang rasional. Selamat berburu keyword "mahal"!

Semoga sukses!Pertama-tama, buka https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal























Nah, tinggal ketik keyword yang kamu incar, misalnya kamu hobi foto dan pengen nge-blog tentang hobi kamu itu. Ketik "photography", jangan ketik "poto-poto" karena untuk ikutan adsense kamu harus bikin blog dalam bahasa inggris, bukan bahasa sunda. Kira-kira kayak gini :
Kalo sudah, klik "Get keyword ideas". Tidak lama kemudian akan muncul semua variabel yang berhubungan dengan keyword yang kamu ketik tadi.























Keterangan untuk masing-masing kolom adalah :

  • Advertiser Competition: Seberapa ketat persaingan kamu dengan situs lain untuk keyword yang ada di sebelah kiri. Semakin "hijau" semakin ketat persaingannya. Saran saya, kamu cari yang tidak terlalu ketat tapi tetap "mahal". 
  • Local Search Volume: Jumlah "search" atau pencarian pada bulan tertentu. Pada gambar di atas tertulis "December" berarti jumlah pencarian keyword tersebut pada bulan Desember. Kamu harus mencari keyword yang cukup banyak dicari orang.
  • Global Monthly Search Volume: Rata-rata pencarian setiap bulannya.

Nah, sekarang saatnya kita menentukan dari sekian banyak keyword yang berhubungan dengan "photography", yang mana yang rasional. Rasional gimana maksudnya? Ya...tergantung kamu. Tapi saran saya, kita cari keyword yang persaingannya tidak terlalu ketat, banyak dicari orang dan juga mahal. Caranya kamu klik dropdown "Choose columns to display" trus cari menu "Show Estimated Avg. CPC
























Apaan tuh Avg. CPC? Avg. CPC atau Average CPC adalah rata-rata Cost per Click yaitu rata-rata harga per-klik dari keyword yang bersangkutan. Nah, akan tampil kolom baru yaitu kolom Estimated Avg. CPC seperti ini :
Angka-angka yang tertulis di bawah kolom Estimated Avg. CPC adalah "harga" per-klik dari keyword yang bersangkutan dalam rupiah. Nah, tugas kamu sekarang mencari keyword yang harga per-kliknya cukup mahal, persaingannya tidak terlalu ketat dan yang nyari banyak. Untuk mengurutkan harga dari yang terendah ke tertinggi atau sebaliknya, kamu tinggal klik tulisan (link) Estimated Avg. CPC itu.























Gambar diatas adalah contoh setelah diurutkan dari yang paling mahal ke paling murah. Seperti contoh di atas, keyword "photography education" adalah keyword yang paling mahal dengan rata-rata harga per-kliknya sebesar 53.163 rupiah atau sekitar 5 dollar sekali klik. Lumayan tuh...:-). Tapi sayangnya persaingannya cukup ketat dan yang nyari relatif sedikit (dilihat dari Global Monthly Search Volume). Berarti walaupun mahal, tapi kurang rasional untuk kita "tembak"

Sekarang tugas kamu tinggal mencari keyword-mu sendiri. Ingat untuk selalu mencari yang rasional. Selamat berburu keyword "mahal"!

Semoga sukses!Pertama-tama, buka https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal























Nah, tinggal ketik keyword yang kamu incar, misalnya kamu hobi foto dan pengen nge-blog tentang hobi kamu itu. Ketik "photography", jangan ketik "poto-poto" karena untuk ikutan adsense kamu harus bikin blog dalam bahasa inggris, bukan bahasa sunda. Kira-kira kayak gini :
Kalo sudah, klik "Get keyword ideas". Tidak lama kemudian akan muncul semua variabel yang berhubungan dengan keyword yang kamu ketik tadi.























Keterangan untuk masing-masing kolom adalah :

  • Advertiser Competition: Seberapa ketat persaingan kamu dengan situs lain untuk keyword yang ada di sebelah kiri. Semakin "hijau" semakin ketat persaingannya. Saran saya, kamu cari yang tidak terlalu ketat tapi tetap "mahal". 
  • Local Search Volume: Jumlah "search" atau pencarian pada bulan tertentu. Pada gambar di atas tertulis "December" berarti jumlah pencarian keyword tersebut pada bulan Desember. Kamu harus mencari keyword yang cukup banyak dicari orang.
  • Global Monthly Search Volume: Rata-rata pencarian setiap bulannya.

Nah, sekarang saatnya kita menentukan dari sekian banyak keyword yang berhubungan dengan "photography", yang mana yang rasional. Rasional gimana maksudnya? Ya...tergantung kamu. Tapi saran saya, kita cari keyword yang persaingannya tidak terlalu ketat, banyak dicari orang dan juga mahal. Caranya kamu klik dropdown "Choose columns to display" trus cari menu "Show Estimated Avg. CPC
























Apaan tuh Avg. CPC? Avg. CPC atau Average CPC adalah rata-rata Cost per Click yaitu rata-rata harga per-klik dari keyword yang bersangkutan. Nah, akan tampil kolom baru yaitu kolom Estimated Avg. CPC seperti ini :
Angka-angka yang tertulis di bawah kolom Estimated Avg. CPC adalah "harga" per-klik dari keyword yang bersangkutan dalam rupiah. Nah, tugas kamu sekarang mencari keyword yang harga per-kliknya cukup mahal, persaingannya tidak terlalu ketat dan yang nyari banyak. Untuk mengurutkan harga dari yang terendah ke tertinggi atau sebaliknya, kamu tinggal klik tulisan (link) Estimated Avg. CPC itu.























Gambar diatas adalah contoh setelah diurutkan dari yang paling mahal ke paling murah. Seperti contoh di atas, keyword "photography education" adalah keyword yang paling mahal dengan rata-rata harga per-kliknya sebesar 53.163 rupiah atau sekitar 5 dollar sekali klik. Lumayan tuh...:-). Tapi sayangnya persaingannya cukup ketat dan yang nyari relatif sedikit (dilihat dari Global Monthly Search Volume). Berarti walaupun mahal, tapi kurang rasional untuk kita "tembak"

Sekarang tugas kamu tinggal mencari keyword-mu sendiri. Ingat untuk selalu mencari yang rasional. Selamat berburu keyword "mahal"!

Semoga sukses!Pertama-tama, buka https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal























Nah, tinggal ketik keyword yang kamu incar, misalnya kamu hobi foto dan pengen nge-blog tentang hobi kamu itu. Ketik "photography", jangan ketik "poto-poto" karena untuk ikutan adsense kamu harus bikin blog dalam bahasa inggris, bukan bahasa sunda. Kira-kira kayak gini :
Kalo sudah, klik "Get keyword ideas". Tidak lama kemudian akan muncul semua variabel yang berhubungan dengan keyword yang kamu ketik tadi.























Keterangan untuk masing-masing kolom adalah :

  • Advertiser Competition: Seberapa ketat persaingan kamu dengan situs lain untuk keyword yang ada di sebelah kiri. Semakin "hijau" semakin ketat persaingannya. Saran saya, kamu cari yang tidak terlalu ketat tapi tetap "mahal". 
  • Local Search Volume: Jumlah "search" atau pencarian pada bulan tertentu. Pada gambar di atas tertulis "December" berarti jumlah pencarian keyword tersebut pada bulan Desember. Kamu harus mencari keyword yang cukup banyak dicari orang.
  • Global Monthly Search Volume: Rata-rata pencarian setiap bulannya.

Nah, sekarang saatnya kita menentukan dari sekian banyak keyword yang berhubungan dengan "photography", yang mana yang rasional. Rasional gimana maksudnya? Ya...tergantung kamu. Tapi saran saya, kita cari keyword yang persaingannya tidak terlalu ketat, banyak dicari orang dan juga mahal. Caranya kamu klik dropdown "Choose columns to display" trus cari menu "Show Estimated Avg. CPC
























Apaan tuh Avg. CPC? Avg. CPC atau Average CPC adalah rata-rata Cost per Click yaitu rata-rata harga per-klik dari keyword yang bersangkutan. Nah, akan tampil kolom baru yaitu kolom Estimated Avg. CPC seperti ini :
Angka-angka yang tertulis di bawah kolom Estimated Avg. CPC adalah "harga" per-klik dari keyword yang bersangkutan dalam rupiah. Nah, tugas kamu sekarang mencari keyword yang harga per-kliknya cukup mahal, persaingannya tidak terlalu ketat dan yang nyari banyak. Untuk mengurutkan harga dari yang terendah ke tertinggi atau sebaliknya, kamu tinggal klik tulisan (link) Estimated Avg. CPC itu.























Gambar diatas adalah contoh setelah diurutkan dari yang paling mahal ke paling murah. Seperti contoh di atas, keyword "photography education" adalah keyword yang paling mahal dengan rata-rata harga per-kliknya sebesar 53.163 rupiah atau sekitar 5 dollar sekali klik. Lumayan tuh...:-). Tapi sayangnya persaingannya cukup ketat dan yang nyari relatif sedikit (dilihat dari Global Monthly Search Volume). Berarti walaupun mahal, tapi kurang rasional untuk kita "tembak"

Sekarang tugas kamu tinggal mencari keyword-mu sendiri. Ingat untuk selalu mencari yang rasional. Selamat berburu keyword "mahal"!

Semoga sukses!